top of page
Cari
  • Gambar penulisRio Adrianus

Wyckoff Update: AALI

Bar hari ini signifikan. Saya memakai chart TradingView agar lebih cepat updatenya.


Danger level 1 (garis horizontal 1) yang saya identify kemarin ditembus dengan konsekuensi quick downthrust di hari ini. Ini jelas sign of weakness. Tapi ada nuance bullish disini.


Notice kalau danger level original 2 (garis horizontal 2), dimana saya mengatakan tempat dimana bull banyak menaruh support, belum bisa ditembus. Bar hari ini belum bisa close dibawah level support tersebut. Bar hari ini close di tengah di area tersebut. Ini pertanda kalau masih banyak buyer yang mensupport AALI.


Apabila bar besok kita mendapat strong bull bar, maka terbuka kemungkinan kalau bar hari ini adalah 'shakeout' untuk memflush out supply dan membuat lebih banyak buyer mengejar harga. Notice volume hari ini: sedikit. Ini bisa jadi tanda kalau tidak ada selling pressure yang serius, sehingga memperkuat kemungkinan shakeout.


Sebaliknya, apabila harga lanjut turun ke bawah, dan terutama apabila close dibawah low bar hari ini, itu akan menjadi pertanda kuat kalau market ini didominasi oleh seller.


At any rate, hal yang terpenting sekarang adalah follow-up. Balance of power saat ini kembali ke tangan seller. Apabila harga turun dan close dibawah low bar hari ini, that would be bearish. Jika 'shakeout' yang terjadi (ditandai dengan bar hari besok bull bar), maka kemungkinannya besar kita akan melihat bar 'test'. Keberhasilan bar 'test' ini baru akan menjawab apakah balance of power kembali ke tangan buyer kembali. Sebelum bar 'test' ini terjadi, saya tidak melihat keperluan untuk mengupdate analisa ini. Sebaliknya, jika Anda melihat bar-bar selanjutnya close dibawah low bar hari ini, saya tidak perlu mengupdate untuk mengatakan 'this is bad'. Dan untuk BWPT, pandangan saya adalah BWPT lagging market dan AALI leading market. Kita akan melihat perkembangan saham sawit di AALI duluan.


Sebagai konteks fundamental yang relevant, saya merekomen pembaca yang belum untuk membaca analisa sebelumnya di bagian akhir. Di situ saya menjelaskan apa yang kemungkinan besar menjadi sumber masalah perusahaan sawit saat ini (mulai dari tahun lalu). Sangat ironis bila pada ujungnya perusahaan sawit tetap tertimbun di finansial yang jelek padahal harga CPO belum pernah setinggi ini.


As for the record, pandangan pribadi saya tetap bullish untuk perusahaan sawit. Semakin cepat perusahaan sawit mencari celah untuk keluar dari kebijakan non-tarif (biodiesel), semakin baik. Pemerintah juga mungkin akhirnya akan mengendorkan kebijakan B-20 setelah pressure international (terutama dari negara kreditor) di konferensi Climate Change oleh PBB di bulan November nanti (COP 26). Tapi saya tidak expect perusahaan sawit akan terang-terangan mengatakan kebijakan biodiesel itu merusak profitability mereka, but I bet it is. Much more than current tax export.




Speaking of COP 26....


Agenda PBB ini akan didasari dari report IPCC AR6 yang masih belum sepenuhnya selesai. Dibawah ini adalah link Youtube untuk summary dari SekJen PBB Antonio Guterres yang dibacakan oleh climate scientist Dr. Peter Carter. Only 5 minute 43 seconds.

https://www.youtube.com/watch?v=h8Sw8SBV8U0




90 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page