top of page
Cari
  • Gambar penulisRio Adrianus

AALI & BWPT from Technical Perspective

Wave count di bawah ini adalah wave count yang sama dengan post Juli tahun lalu ketika AALI baru menyelesaikan wave iv triangle. AALI kemudian menyelesaikan satu complete 5-wave structure di awal 2021 dan selanjutnya mengalami koreksi besar. As it should be from Elliott Wave standpoint.


Chart 1. Sekarang AALI mendekati (hari ini sudah mencapai*) bottom dari triangle wave iv. Signifikansi level tersebut saya tunjukan dengan memperlihatkan fibonacci confluence zone yang memakai patokan (midpoint) di garis horizontal 9280. 2 point signifikan dipilih (11800 & 13300) untuk di mirror dari midpoint yang memberikan area confluence di dekat 7700.


Chart 1.


Chart 2. Dari pandangan saya, ada titik patokan lainnya yang bisa digunakan sebagai midline di 10500. Titik 100% (equality) ada di 7670. Sangat berdekatan dengan confluence di chart atas. Note ada kemungkinan besar kalau terbentuk divergence di indikator (dalam kasus ini, divergence tersebut antara indikator composite index dengan RSI).


Chart 2.


Chart 3. Retracement biasa dari puncak wave 5 ke lowest point juga menunjukan 62% retracement di 7650. Seandainya market memiliki hubungan geometri, jelas level sekitar 7700 memiliki signifikansi.


Chart 3.


Chart 4. Di post bulan Januari lalu, saya melihat ada kemiripan price structure (5-wave) dengan yang terjadi selama 2009-2011. Dugaan saya tidak salah. Semenjak itu, AALI mengalami koreksi besar sebagaimana yang terjadi di tahun 2011.


Chart 4.

Chart 5. Chart di bawah membuat saya terkejut. Tidak hanya ada kemiripan struktur, tapi juga kemiripan di kedalaman koreksi. Koreksi AALI dari tahun 2011-2013 berhenti di 62% fibo retracement yang diukur dari peak motive wave ke starting pointnya. Dimana AALI saat ini? 62%. Kita lihat apa yang akan terjadi.


Chart 5.

*Bar hari ini masih belum terupdate karena ada lag 1 hari di Yahoo finance ketika kita memilih data historis panjang.




BWPT


Semenjak BWPT tembus dari angle signifikan di post September lalu, saya mengkhawatirkan kalau struktur Elliott Wave AALI yang saya lihat menjadi benar. Sejauh ini struktur EW AALI benar. Konsekuensinya, kita menyaksikan koreksi dalam di AALI dan BWPT ikut nyungsep. Tapi pandangan saya di BWPT tidak berubah. Angle signifikan BWPT telah ditembus ke atas dan BWPT sudah memasuki fase baru yang kemungkinan besar adalah uptrend*. Pandangan ini sejalan dengan struktur 5-wave AALI yang berarti uptrend AALI belum selesai (bisa menjadi zig-zag atau membentuk 5 wave yang lebih besar yang berarti AALI akan memasuki fase wave 3 besar). Dan selagi saya sudah berulang kali memaparkan penjelasan mengapa outlook EVA perusahaan sawit terlihat positif, sekarang kita hanya perlu melihat harga CPO yang sulit dimasuk akal (begitu juga komoditas lainnya kecuali crude oil).


Kalaupun ada alasan valid untuk khawatir, itu terletak di kerapuhan sistem perbankan yang dalam skenario sangat buruk membuat mereka tidak mau meroll-over kredit perusahaan, termasuk sawit. Sayangnya, hal buruk ini sudah mulai terlihat dengan apa yang terjadi pada SRIL yang pokok besarnya jatuh tempo di awal tahun depan (point ini saya sampaikan di analisa SRIL).


Chart 6. Garis diagonal adalah angle penting yang tetap ada di chart saya selama lebih dari 2 tahun. Kita bisa lihat 50% retracement di 87 dengan mirroring puncak 2020 di midpoint 113. Tapi kita bisa lihat dengan mudah ada support di 87 tanpa teknik tadi. Low point BWPT hari ini hampir menyentuh garis support itu. Begitu tipisnya sampai saya tidak memiliki masalah menyebut BWPT sudah menyentuh level tersebut. Notice signal divergence indikator yang sama dengan AALI. Note kalau posisi indikator ini bisa berubah ketika data baru hari ini ditambah. Tapi saya pikir divergence ini masih akan tetap terlihat bila data hari ini ditambah.


Chart 6.



*Satu masalah dari pandangan ini adalah titik invalidasi. Pandangan uptrend menjadi patah ketika harga membentuk lower low yang signifikan. Problemnya, lower low di BWPT hanya bisa terjadi bila BEI memperbolehkan harga dibawah 50.

102 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page